PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS TERHADAP HASIL BELAJAR PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1326Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiperbedaan yang signifikan hasil belajar perkalian dan pembagian pecahan antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional kelas V SDN Gugus 5 Puhu Gianyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasiexsperiment). Desain penelitian ini menggunakan “Nonequivalent Control Group Design”.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus 5 Puhu Gianyar dengan jumlah populasi 96 siswa. Sampel diambil dengan teknikrandomsampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil belajar Perkalian dan Pembagian Pecahan di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol dengan menggunakan tes objektif. Data dianalisis menggunakan uji t-tes dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar perkalian dan pembagian pecahan pada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional(thitung = 2,116> ttabel = 1,67).Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar perkalian dan pembagian pecahan pada siswa kelas V SDN Gugus 5 Puhu Gianyar Tahun Pelajaran 2012/2013.
Kata Kunci: Perkalian dan pembagian pecahan, model pembelajaran kooperatif tipe TPS, hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)