PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS III KECAMATAN SEMARAPURA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1327Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan melalui penerapan pembelajaran Generatif dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran Konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus III Kecamatan Semarapura Tahun Ajaran 2012/2013.Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan desain penelitiannya adalah Static Group Comparison.Populasi dalam penelitian ini siswa kelas IV SD Gugus III Kecamatan Semarapura.Untuk menentukan sampel digunakan teknik random sampling.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Semarapura Tengah yang berjumlah 32 orang kelompok eksperimen dan SD negeri Semarapura Kauh yang berjumlah 32 orang kelompok kontrol. Pengumpulan data hasil belajar IPA dilakukan dengan metode tes yaitu tes hasil belajar IPA, jenis tes objektif bentuk pilihan ganda biasa.Data selanjutnya dianalisis menggunakan analisis statistik uj-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan melalui penerapan pembelajaran generatif dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Hal ini terbukti dari hasil analisis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung= 3,30>ttabel(α=0,05,62)= 2,00 dan didukung dengan perbedaan rata-rata hasil belajar IPA antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu = 63,84 > = 51,22. Dengan demikian dapat disimpulkan model pembelajaran generatif berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa di kelas IV di SD Gugus III Kecamatan Semarapura Tahun Ajaran 2012/2013.
Kata-kata kunci: IPA SD, Pembelajaran Generatif, Hasil Belajar IPA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)