PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SQ3R TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD GUGUS MAS KECAMATAN UBUD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1329Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode pembelajaran SQ3R (survey, question, read, recite, review) terhadap keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Gugus Mas Kecamatan Ubud tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah semua SD Gugus Mas Kecamatan Ubud yang terdiri dari 8 SD dan 8 kelas yang berjumlah 241 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data yang dikumpulkan adalah keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa Indonesia berupa nilai kognitif. Nilai kognitif yang dikumpulkan menggunakan tes keterampilan membaca dalam bentuk pilihan ganda biasa dan rubrik penilaian keterampilan membaca. Data dianalisis dengan uji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan keterampilan membaca pembelajaran bahasa Indonesia yang signifikan antara siswa yang melaksanakan metode pembelajaran SQ3R dengan siswa yang melaksanakan pembelajaran menggunakan pembelajaran konvensional (thitung = 3.425; ttabel = 2,000), artinya nilai rata-rata keterampilan membaca yang dibelajarkan dengan penerapan metode pembelajaran SQ3R lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (76,01>72,31). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran SQ3R berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Gugus Mas Kecamatan Ubud pelajaran 2012/2013.
Kata kunci : SQ3R, Keterampilan Membaca
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)