PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DESA PENGLATAN

Authors

  • I Gd. Widiantara, Dsk. Pt. Parmiti, I Dw. Kade Tastra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1335

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterampilan berbicara siswa antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode Role Playing berbantuan media Audio-Visual dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di Desa Penglatan tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Desa Penglatan yang berjumlah 74 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Penglatan yang berjumlah 22 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN 2 Penglatan yang berjumlah 26 orang sebagai kelas kontrol, teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Data keterampilan berbicara siswa dikumpulkan dengan instrumen yaitu lembar observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 28,56 dan ttabel (pada taraf signifikasi 5%) = 2,07. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel, sehingga dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode pembelajaran Role Playing berbantuan media Audio-Visual dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dari hasil perhitungan, diketahui rata-rata skor hasil keterampilan berbicara siswa kelompok eksperimen adalah 87,18 dan rata-rata skor hasil keterampilan berbicara siswa kelompok kontrol adalah 64,25. Hal ini berarti bahwa rata-rata eksperimen > rata-rata kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Role Playing berbantuan media Audio-visual berpengaruh terhadap hasil keterampilan berbicara siswa kelas V SD di desa Penglatan Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng.

 

Kata-kata kunci : Metode Role Playing, Keterampilan Berbicara

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Dw. Kade Tastra, I. G. W. D. P. P. (2013). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DESA PENGLATAN. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1335

Issue

Section

Articles