PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TELAAH YURISPRODENSI INQUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SD KELAS V SEMESTER II DI GUGUS IV KECAMATAN KINTAMANI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1337Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PKn yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Telaah Yurisprodensi Inquiri dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Pengajaran Langsung pada siswa kelas V semester II di Gugus IV Kecamatan Kintamani tahun pelajaran 2012/2013.Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan menggunakan rancangan penelitian non-equivalent post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus IV Kecamatan Kintamani yang berjumlah 168 siswa. Sampelnya adalah siswa kelas V di SDN Sekaan dan SDN Abuan, sampel diambil dengan cara random sampling. Data hasil belajar PKn dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dan instrumennya adalah tes pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan Uji-t pooled varian.Berdasarkan hasil analisis data, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Telaah Yurisprodensi dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan model Pengajaran Langsung. Dimana thit > ttabel (4,14>2,000). Dengan demikian berarti pembelajaran Telaah Yurisprodensi Inquiri berpengaruh positif terhadap hasil belajar PKn.
Kata kunci :Telaah Yurisprodensi Inquiri, hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)