PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS VIII MUNDUK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1341Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) berbantuan media gambar dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent post-test only group desain. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dengan instrumen tes pilihan ganda satu jawaban benar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan teknik uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) deskripsi data hasil belajar IPA kelompok eksperimen didapatkan hasil kurve juling negatif yang berarti sebagian besar skor cenderung tinggi, (2) deskripsi data hasil belajar IPA kelompok kontrol didapatkan hasil kurve juling positif yang berarti sebagian besar skor cenderung rendah, (3) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media gambar dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV Semester Genap SD Gugus VIII Munduk tahun pelajaran 2012/2013.
Kata Kunci: model CRH, hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)