PENGARUH METODE DISCOVERY BERBANTUAN MEDIA REALITA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD DI DESA ANTURAN KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1347Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi hasil belajar siswa pada kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran dengan metode ceramah, (2) deskripsi hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen yang mengikuti pembelajaran dengan metode discovery berbantuan media realita, dan (3) pengaruh yang signifikan metode discovery berbantuan Media realita terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV SD di Desa Anturan Tahun Pelajaran 2012/2013.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen (quasi experiment) dengan rancangan desain non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD di Desa Anturan tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 119 orang. Sampel diambil dengan cara random sampling yang berjumlah 75 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA. Bentuk tes hasil belajar IPA yang digunakan adalah tipe uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung 10,33 > ttabel 1,658 dan didukung oleh perbedaan skor rata-rata yang diperoleh antara siswa yang belajar menggunakan metode discovery berbantuan media realita yaitu 34,56 yang berada pada kategori sangat tinggi dan siswa yang belajar menggunakan metode ceramah yaitu 23,82 yang berada pada kategori sedang, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar menggunakan metode discovery berbantuan media realita dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan metode ceramah. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode discovery berbantuan media realita.
Kata-kata kunci: metode discovery berbantuan media realita, hasil belajar IPA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)