PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TSOI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V DI GUGUS II LAKSMANA KECAMATAN JEMBRANA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1356Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep IPA yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Translating Sculpting Operationalizing Integrating (TSOI) dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan post-test only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Gugus II Laksmana, Kecamatan Jembrana tahun pelajaran 2012/2013. Sampel diambil dengan cara random sampling pada kelas yang sudah disetarakan. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas V SDN 1 Dangintukadaya sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SDN 1 Batuagung sebagai kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep IPA yang dikumpulkan dengan tes. Bentuk tes yang digunakan adalah pilihan ganda diperluas yang telah divalidasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung 7,832 > ttabel 2,00 maka H1 diterima, jadi terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Translating Sculpting Operationalizing Integrating (TSOI) dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional.
Kata-kata kunci: TSOI dan pemahaman konsep IPA.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)