PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TSOI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V DI GUGUS II LAKSMANA KECAMATAN JEMBRANA

Authors

  • Ni Pt. Ulan Kusuma D, Nym. Kusmariyatni, I Km. Sudarma

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1356

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep IPA yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Translating Sculpting Operationalizing Integrating (TSOI) dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan post-test only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Gugus II Laksmana, Kecamatan Jembrana tahun pelajaran 2012/2013. Sampel diambil dengan cara random sampling pada kelas yang sudah disetarakan. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas V SDN 1 Dangintukadaya sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SDN 1 Batuagung sebagai kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep IPA yang dikumpulkan dengan tes. Bentuk tes yang digunakan adalah pilihan ganda diperluas yang telah divalidasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung 7,832 > ttabel 2,00 maka H1 diterima, jadi terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Translating Sculpting Operationalizing Integrating (TSOI) dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional.

Kata-kata kunciTSOI dan pemahaman konsep IPA.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Km. Sudarma, N. P. U. K. D. N. K. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TSOI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V DI GUGUS II LAKSMANA KECAMATAN JEMBRANA. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1356

Issue

Section

Articles