PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD GUGUS 1 KECAMATAN BULELENG

Kd. Suteni, I Nyn. Wirya, Lh Pt. Putrini Mahadewi

Abstract


 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelas yang belajar dengan model pembelajaran reciprocal teaching dan kelas yang belajar dengan model pembelajaran konvenional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan post test only with non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V(SD gugus 1 Kecamtan Buleleng, Kabupaten Buleleng) berjumlah 241 orang. Subjek ditentukan dengan tehnik cluster random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan tes hasil belajar soal pilihan ganda yang berjumlah 25 butir. Data dianalisis  menggunakan statistik deskriptif dan uji t independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelas yang belajar dengan model pembelajaran reciprocal teaching dan model pembelajaran konvensional (thitung = 14,94; ttabel = 2,018). Rata-rata skor hasil belajar IPA dengan model pembelajaran reciprocal teaching adalah 20,57 yang berada pada kategori sangat tinggi. Sedangkan kelas yang belajar dengan model pembelajaran konvensional adalah 15,61 yang berada pada kategori sedang. Jadi model pembelajaran reciprocal teaching berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA SD 1 Banyuning Kecamatan Buleleng.

 

Kata-kata kunci: reciprocal teaching, hasil belajar.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.