PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN BULELENG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1358Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan penguasaan konsep IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran reciprocal teaching dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional di kelas V SD di Gugus I Kecamatan Banyuning tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Gugus I Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah 205 orang. Sampel penelitian ini diambil dengan tehnik claster random sampling dan diperoleh siswa kelas V SD No. 3 Banyuning sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 20 orang siswa dan siswa kelas V SD No. 7 Banyuning sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 23 siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah penguasaan konsep pelajaran IPA yang dikumpulkan dengan tes uraian. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji–t). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan penguasaan konsep yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 29,88 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 22,95. Hal ini menunjukkan bahwa penguasaan konsep IPA siswa yang diajar dengan model pembelajaran reciprocal teaching lebih baik dari penguasaan konsep IPA siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, dengan kata lain terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap penguasaan konsep IPA siswa kelas V di SD No 3 Banyuning.
Kata–kata kunci: model pembelajaran reciprocal teaching dan penguasaan konsep IPA.
Downloads
Published
2013-01-08
How to Cite
L. Pt. Putrini Mahadewi, N. M. E. K. D. N. S. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN BULELENG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1358
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)