PENGARUH PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN ERGONOMI PARTISIPATORI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1360Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa
yang belajar dengan menggunakan pendekatan ergonomi partisipatori (PEP) dan
kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional .
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan posttest nonequivalent
control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang
ada di gugus 4 Desa Muncan tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 133 siswa.
Sampel penelitian ditetapkan sebanyak 2 kelas dengan jumlah 53 siswa, yang
ditentukan dengan cara proposional sampling. Data hasil belajar dikumpulkan dengan
tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang disertai penjelasan. Data dianalisis
dengan statistik deskriptif dan uji-t dengan bantuan program Microsoft Office Excel 2007
for Windows. Semua pengujian statistik dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil
analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar IPA kelompok siswa yang belajar dengan
menggunakan pendekatan ergonomi partisipatori berada pada kualifikasi sangat tinggi
(M= 22,57; S =4,28), sedangkan hasil belajar IPA kelompok siswa yang belajar dengan
menggunakan model pembelajaran konvensional berada pada kualifikasi tinggi (M=
18,11; S =3,27). Hasil uji hipotesis dengan uji-t menunjukkan terdapat perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar IPA kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan
pendekatan ergonomi partisipatori dan hasil belajar IPA kelompok siswa yang belajar
dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (thitung > ttabel, 4,41 > 2,021).ini
berarti pembelajaran ergonomi partisipatori berpengaruh terhadap hasil belajar IPA
Siswa kelas V SD di Gugus IV Desa Muncan, Kecamatan Selat Kabupaten Karangasem
Tahun pelajaran 2012/2013.
Kata-kata kunci: PEP, Pembelajaran Konvensional, Hasil belajar
Downloads
Published
2013-01-08
How to Cite
Luh Putu Putrini Mahadewi, I. G. A. I. H. I. W. R. S. (2013). PENGARUH PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN ERGONOMI PARTISIPATORI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1360
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)