PENGARUH PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN ERGONOMI PARTISIPATORI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD

Authors

  • I Gst Ayu Ira H., I Wayan Romi Sudhita, Luh Putu Putrini Mahadewi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1360

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa
yang belajar dengan menggunakan pendekatan ergonomi partisipatori (PEP) dan
kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional .
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan posttest nonequivalent
control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang
ada di gugus 4 Desa Muncan tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 133 siswa.
Sampel penelitian ditetapkan sebanyak 2 kelas dengan jumlah 53 siswa, yang
ditentukan dengan cara proposional sampling. Data hasil belajar dikumpulkan dengan
tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang disertai penjelasan. Data dianalisis
dengan statistik deskriptif dan uji-t dengan bantuan program Microsoft Office Excel 2007
for Windows. Semua pengujian statistik dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil
analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar IPA kelompok siswa yang belajar dengan
menggunakan pendekatan ergonomi partisipatori berada pada kualifikasi sangat tinggi
(M= 22,57; S =4,28), sedangkan hasil belajar IPA kelompok siswa yang belajar dengan
menggunakan model pembelajaran konvensional berada pada kualifikasi tinggi (M=
18,11; S =3,27). Hasil uji hipotesis dengan uji-t menunjukkan terdapat perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar IPA kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan
pendekatan ergonomi partisipatori dan hasil belajar IPA kelompok siswa yang belajar
dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (thitung > ttabel, 4,41 > 2,021).ini
berarti pembelajaran ergonomi partisipatori berpengaruh terhadap hasil belajar IPA
Siswa kelas V SD di Gugus IV Desa Muncan, Kecamatan Selat Kabupaten Karangasem
Tahun pelajaran 2012/2013.
Kata-kata kunci: PEP, Pembelajaran Konvensional, Hasil belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Luh Putu Putrini Mahadewi, I. G. A. I. H. I. W. R. S. (2013). PENGARUH PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN ERGONOMI PARTISIPATORI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1360

Issue

Section

Articles