PENGARUH METODE TALKING STICK BERBANTUAN KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SEMESTER II SD GUGUS V KECAMATAN BANJAR

Authors

  • Ni Kdk. Prila L., Dsk. Pt. Parmiti, I Md. Tegeh

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1361

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa pada kelas IV tahun pelajaran 2012/2013 di SD gugus V Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng yang dibelajarkan menggunakan metode talking stick. (2) mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa pada kelas IV tahun pelajaran 2012/2013 di SD gugus V Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng yang dibelajarkan menggunakan metode ceramah dan penugasan. (3) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara siswa yang dibelajrkan menggunakan metode talking stick berbantuan kartu soal dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan metode cermah dan penugasan.

Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen berdisain Post Test Only Control Group Desing. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2012/2013 gugus V Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik random sampling. Data hasil belajar IPA  dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan statistic deskriptif dan inferensial.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen memiliki mean sebesar 35,29 dengan kategori sangat baik dan kurve poligonnya membentuk juling negatif, (2) hasil belajar IPA siswa kelompok kontrol memiliki mean sebesar 29,04 yang berada pada kategori baik dan kurve pologonnya membentuk juling positif, (3) terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunaan metode talking stick dan siswa yang dibelajarkan mengunakan metode ceramah dan penugasan.(Fhitung 26,76 > Ftabel 3,96)

 

Kata Kunci:   talking stick, hasil belajar IPA

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Md. Tegeh, N. K. P. L. D. P. P. (2013). PENGARUH METODE TALKING STICK BERBANTUAN KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SEMESTER II SD GUGUS V KECAMATAN BANJAR. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1361

Issue

Section

Articles