PENGARUH METODE TALKING STICK BERBANTUAN KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SEMESTER II SD GUGUS V KECAMATAN BANJAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1361Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa pada kelas IV tahun pelajaran 2012/2013 di SD gugus V Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng yang dibelajarkan menggunakan metode talking stick. (2) mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa pada kelas IV tahun pelajaran 2012/2013 di SD gugus V Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng yang dibelajarkan menggunakan metode ceramah dan penugasan. (3) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara siswa yang dibelajrkan menggunakan metode talking stick berbantuan kartu soal dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan metode cermah dan penugasan.
Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen berdisain Post Test Only Control Group Desing. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2012/2013 gugus V Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik random sampling. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan statistic deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen memiliki mean sebesar 35,29 dengan kategori sangat baik dan kurve poligonnya membentuk juling negatif, (2) hasil belajar IPA siswa kelompok kontrol memiliki mean sebesar 29,04 yang berada pada kategori baik dan kurve pologonnya membentuk juling positif, (3) terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunaan metode talking stick dan siswa yang dibelajarkan mengunakan metode ceramah dan penugasan.(Fhitung 26,76 > Ftabel 3,96)
Kata Kunci: talking stick, hasil belajar IPA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)