PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVEEXPLAIN (POE) BERBANTUAN MATERI BERMUATAN KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1363Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa
yang belajar dengan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) berbantuan materi
bermuatan kearifan lokal dan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran
konvensional pada siswa kelas IV di Gugus III Kecamatan Jembrana tahun pelajaran
2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalen post-test only control group design. Populasi penelitian berjumlah 9 kelas dan
sampel yang digunakan 2 kelas. Data hasil belajar IPA, dikumpulkan dengan metode tes.
Instrument yang digunakan adalah tes objektif pilihan ganda. Data dianalisis dengan
menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji-t. Hasil penelitian
menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang menggunakan
model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) berbantuan materi bermuatan kearifan
lokal dengan kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal
tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji-t, karena thitung lebih besar dari
t
tabel
(thitung = 3,81 > t
tabel
= 2,000) dan rerata kelompok eksperimen lebih tinggi dari rerata
kelompok kontrol ( eksperimen
= 21,4 >
kontrol = 17,3). Dengan demikian model pembelajaran
Predict-Observe-Explain (POE) berbantuan materi bermuatan kearifan lokal berpengaruh
terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di Gugus III Kecamatan Jembrana tahun
pelajaran 2012/2013.
Kata-kata kunci: Predict-Observe-Explain (POE), kearifan lokal, hasil belajar
Downloads
Published
2013-01-08
How to Cite
L. Pt. Putrini Mahadewi, N. P. E. Y. N. N. G. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVEEXPLAIN (POE) BERBANTUAN MATERI BERMUATAN KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1363
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)