PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVEEXPLAIN (POE) BERBANTUAN MATERI BERMUATAN KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV

Authors

  • N. Pt. Evi Yupani, N. Nyn. Garminah, L. Pt. Putrini Mahadewi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1363

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa
yang belajar  dengan model pembelajaran  Predict-Observe-Explain (POE)  berbantuan  materi
bermuatan  kearifan  lokal  dan  kelompok  siswa  yang  belajar  dengan  model  pembelajaran
konvensional  pada  siswa  kelas  IV  di  Gugus  III  Kecamatan  Jembrana  tahun  pelajaran
2012/2013.  Penelitian  ini  adalah  penelitian  eksperimen  semu  dengan  rancangan  nonequivalen  post-test  only  control  group  design.  Populasi  penelitian  berjumlah  9  kelas  dan
sampel  yang  digunakan  2  kelas.  Data  hasil  belajar  IPA,  dikumpulkan  dengan  metode  tes.
Instrument  yang  digunakan  adalah  tes  objektif  pilihan  ganda.  Data  dianalisis  dengan
menggunakan  statistik  deskriptif  dan  statistik  inferensial  dengan  uji-t.  Hasil  penelitian
menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang menggunakan
model pembelajaran  Predict-Observe-Explain  (POE)  berbantuan  materi bermuatan kearifan
lokal  dengan  kelompok  siswa  yang  menggunakan  model  pembelajaran  konvensional.  Hal
tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji-t,  karena  thitung  lebih besar dari
t
tabel
(thitung  =  3,81  >  t
tabel
=  2,000)  dan  rerata  kelompok  eksperimen  lebih  tinggi  dari  rerata
kelompok kontrol  ( eksperimen
=  21,4 >
kontrol  = 17,3). Dengan demikian  model pembelajaran
Predict-Observe-Explain  (POE)  berbantuan  materi  bermuatan  kearifan  lokal  berpengaruh
terhadap  hasil  belajar  IPA  pada  siswa  kelas  IV  di  Gugus  III  Kecamatan  Jembrana  tahun
pelajaran 2012/2013.
Kata-kata kunci:  Predict-Observe-Explain (POE), kearifan lokal, hasil belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

L. Pt. Putrini Mahadewi, N. P. E. Y. N. N. G. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVEEXPLAIN (POE) BERBANTUAN MATERI BERMUATAN KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1363

Issue

Section

Articles