PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVEEXPLAIN (POE) BERBANTUAN MATERI BERMUATAN KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV

N. Pt. Evi Yupani, N. Nyn. Garminah, L. Pt. Putrini Mahadewi

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa
yang belajar  dengan model pembelajaran  Predict-Observe-Explain (POE)  berbantuan  materi
bermuatan  kearifan  lokal  dan  kelompok  siswa  yang  belajar  dengan  model  pembelajaran
konvensional  pada  siswa  kelas  IV  di  Gugus  III  Kecamatan  Jembrana  tahun  pelajaran
2012/2013.  Penelitian  ini  adalah  penelitian  eksperimen  semu  dengan  rancangan  nonequivalen  post-test  only  control  group  design.  Populasi  penelitian  berjumlah  9  kelas  dan
sampel  yang  digunakan  2  kelas.  Data  hasil  belajar  IPA,  dikumpulkan  dengan  metode  tes.
Instrument  yang  digunakan  adalah  tes  objektif  pilihan  ganda.  Data  dianalisis  dengan
menggunakan  statistik  deskriptif  dan  statistik  inferensial  dengan  uji-t.  Hasil  penelitian
menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang menggunakan
model pembelajaran  Predict-Observe-Explain  (POE)  berbantuan  materi bermuatan kearifan
lokal  dengan  kelompok  siswa  yang  menggunakan  model  pembelajaran  konvensional.  Hal
tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji-t,  karena  thitung  lebih besar dari
t
tabel
(thitung  =  3,81  >  t
tabel
=  2,000)  dan  rerata  kelompok  eksperimen  lebih  tinggi  dari  rerata
kelompok kontrol  ( eksperimen
=  21,4 >
kontrol  = 17,3). Dengan demikian  model pembelajaran
Predict-Observe-Explain  (POE)  berbantuan  materi  bermuatan  kearifan  lokal  berpengaruh
terhadap  hasil  belajar  IPA  pada  siswa  kelas  IV  di  Gugus  III  Kecamatan  Jembrana  tahun
pelajaran 2012/2013.
Kata-kata kunci:  Predict-Observe-Explain (POE), kearifan lokal, hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1363

Article Metrics

Abstract view : 663 times
PDF file view : 2003 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.