PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVEEXPLAIN (POE) BERBANTUAN MATERI BERMUATAN KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa
yang belajar dengan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) berbantuan materi
bermuatan kearifan lokal dan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran
konvensional pada siswa kelas IV di Gugus III Kecamatan Jembrana tahun pelajaran
2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalen post-test only control group design. Populasi penelitian berjumlah 9 kelas dan
sampel yang digunakan 2 kelas. Data hasil belajar IPA, dikumpulkan dengan metode tes.
Instrument yang digunakan adalah tes objektif pilihan ganda. Data dianalisis dengan
menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji-t. Hasil penelitian
menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang menggunakan
model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) berbantuan materi bermuatan kearifan
lokal dengan kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal
tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji-t, karena thitung lebih besar dari
t
tabel
(thitung = 3,81 > t
tabel
= 2,000) dan rerata kelompok eksperimen lebih tinggi dari rerata
kelompok kontrol ( eksperimen
= 21,4 >
kontrol = 17,3). Dengan demikian model pembelajaran
Predict-Observe-Explain (POE) berbantuan materi bermuatan kearifan lokal berpengaruh
terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di Gugus III Kecamatan Jembrana tahun
pelajaran 2012/2013.
Kata-kata kunci: Predict-Observe-Explain (POE), kearifan lokal, hasil belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa
yang belajar dengan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) berbantuan materi
bermuatan kearifan lokal dan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran
konvensional pada siswa kelas IV di Gugus III Kecamatan Jembrana tahun pelajaran
2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalen post-test only control group design. Populasi penelitian berjumlah 9 kelas dan
sampel yang digunakan 2 kelas. Data hasil belajar IPA, dikumpulkan dengan metode tes.
Instrument yang digunakan adalah tes objektif pilihan ganda. Data dianalisis dengan
menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji-t. Hasil penelitian
menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang menggunakan
model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) berbantuan materi bermuatan kearifan
lokal dengan kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal
tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji-t, karena thitung lebih besar dari
t
tabel
(thitung = 3,81 > t
tabel
= 2,000) dan rerata kelompok eksperimen lebih tinggi dari rerata
kelompok kontrol ( eksperimen
= 21,4 >
kontrol = 17,3). Dengan demikian model pembelajaran
Predict-Observe-Explain (POE) berbantuan materi bermuatan kearifan lokal berpengaruh
terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di Gugus III Kecamatan Jembrana tahun
pelajaran 2012/2013.
Kata-kata kunci: Predict-Observe-Explain (POE), kearifan lokal, hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1363
Article Metrics
Abstract view : 672 timesPDF file view : 2062 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.