PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NO. 2 DAN 5 BANYUASRI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1364Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD No. 2 dan 5 Banyuasri yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction (ARIAS) dan model pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD No.2 dan 5 Banyuasri yang berjumlah 70 orang siswa, sampel terdiri dari 36 siswa dari kelas eksperimen dan 34 siswa dari kelas kontrol. Sampel penelitian ini diambil dengan tekhnik random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction (ARIAS) lebih tinggi dengan Mo > Me > M (19,5 > 20,64 > 22,7), dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional lebih rendah dengan Mo < Me < M (15,44 < 14,88 < 14,43). Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction (ARIAS) dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil tes hasil belajar siswa kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol (19,5 > 15,44). Jadi, model pembelajaran Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction (ARIAS) berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD No. 2 dan 5 Banyuasri Tahun pelajaran 2012/2013.
Kata-kata kunci: Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction, Hasil Belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)