PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HEURISTIK VEE BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP SIKAP ILMIAH PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1365Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan sikap ilmiah pada kelompok siswa dengan menggunakan model pembelajaran Heuristik Vee berbantuan peta konsep, (2) mendeskripsikan sikap ilmiah pada kelompok siswa dengan menggunakan model pembelajaran direct learning, (3) mengetahui perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa dengan menggunakan model pembelajaran Heuristik Vee berbantuan peta konsep dan kelompok siswa dengan menggunakan model pembelajaran direct learning. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain non-equivalent post-test only group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD di Desa Kaliakah Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah 104 siswa. Sampel diambil dengan teknik undian dengan jumlah 50 siswa. Data sikap ilmiah dikumpulkan dengan menggunakan metode non tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan teknik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan model pembelajaran Heuristik Vee berbantuan peta konsep dengan kelompok siswa yang dibelajarkan model pembelajaran direct learning. Hal ini ditunjukkan oleh thitung 4,702> ttabel 2,021 dan didukung oleh perbedaan skor rata-rata yang diperoleh siswa yang dibelajarkan model pembelajaran Heuristik Vee berbantuan peta konsep yaitu 142,8 yang berada pada kategori sangat tinggi dan siswa yang dibelajarkan model pembelajaran direct learning yaitu 136,0 yang berada pada kategori tinggi.
Kata kunci: Heuristik Vee, peta konsep, direct learning, sikap ilmiah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)