PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ECIRR TERHADAP PEMAHAMAAN KONSEP IPA SISWA SD KELAS IV DI GUGUS VI KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1366Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1), mengetahui deskripsi Pemahaman Konsep IPA yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (2) mengetahui deskripsi Pemahaman Konsep IPA pada kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran ECIRR, dan (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran ECIRR terhadap Pemahaman Konsep IPA pada siswa kelas IV semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di SD gugus VI kecamatan Buleleng. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu menggunakan desain Post-test Only Control Design. Sampel penelitian ini berjumlah 31 orang di SD No. 1 Kampung Baru sebagai kelompok eksperimen dan SD No. 2 Kampung Baru yang berjumlah 28 orang sebagai kelompok kontrol yang dipilih dengan sistem Simple Random Sampling. Data tentang kemampuan pemahaman konsep IPA dikumpulkan dengan menggunakan tipe tes uraian. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman konsep IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional sebagian besar skor siswa cenderung rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan bahwa Mo < Md < M atau (14,25 < 16,5 < 22,07), (2) pemahamaan konsep IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran ECIRR sebagian besar skor siswa cenderung tinggi. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan bahwa Mo > Md > M atau (36,2 >34,32,72 > 30,32), dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan model ECIRR terhadap pemahamaan konsep IPA siswa diketahui bahwa thitung > ttabel (51,5 > 2,00). Dari rata-rata pemahamaan konsep IPA diketahui siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran ECIRR lebih baik dari siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional.
Kata kunci: ECIRR, konvensional,pemahamaan konsep IPA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)