PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ECIRR TERHADAP PEMAHAMAAN KONSEP IPA SISWA SD KELAS IV DI GUGUS VI KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAAN 2012/2013

Authors

  • Ni. L. Sri Ismayanti, Dsk. Pt. Parmiti, Ndara T. Renda

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1366

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1), mengetahui deskripsi Pemahaman Konsep IPA  yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (2) mengetahui deskripsi Pemahaman Konsep IPA  pada kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran ECIRR, dan (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran ECIRR terhadap Pemahaman Konsep IPA  pada siswa kelas IV semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di SD gugus VI kecamatan Buleleng. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu menggunakan desain Post-test Only Control Design. Sampel penelitian ini berjumlah 31 orang di SD No. 1 Kampung Baru sebagai kelompok eksperimen dan SD No. 2 Kampung Baru yang berjumlah 28 orang sebagai kelompok kontrol yang dipilih dengan sistem Simple Random Sampling. Data tentang kemampuan pemahaman konsep IPA dikumpulkan dengan menggunakan tipe tes uraian. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman konsep IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional sebagian besar skor siswa cenderung rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan bahwa Mo < Md < M atau (14,25 < 16,5 < 22,07), (2) pemahamaan konsep IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran ECIRR sebagian besar skor siswa cenderung tinggi. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan bahwa Mo > Md > M atau (36,2  >34,32,72 > 30,32), dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan model ECIRR terhadap pemahamaan konsep IPA  siswa diketahui bahwa thitung > ttabel (51,5 > 2,00). Dari rata-rata pemahamaan konsep IPA diketahui siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran ECIRR lebih baik dari siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional.

 

Kata kunci: ECIRR, konvensional,pemahamaan konsep IPA

 

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Ndara T. Renda, N. L. S. I. D. P. P. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ECIRR TERHADAP PEMAHAMAAN KONSEP IPA SISWA SD KELAS IV DI GUGUS VI KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAAN 2012/2013. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1366

Issue

Section

Articles