PENGARUH PENDEKATAN STARTER EKSPERIMEN (PSE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SD NO 1 KAMPUNG BUGIS

Authors

  • Budiono, H. Syahruddin, Kdk. Suranata

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1367

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang singnifikan pada hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan starter eksperimen dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperimen dengan rancangan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD No 1 Kampung Bugis Kecamatan Buleleng  Kabupaten Buleleng  tahun pelajaran 2012/2013, dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) data hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan starter eksperimen cenderung tinggi dengan Mo>Me>M (20,75>20,6>20,3), (2) data hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konvensional cenderung rendah dengan Mo<Me<M (16,786>17>17,3), (3). terdapat perbedaan yang signifikan pada  hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan starter eksperimen dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Hal ini dapat dilihat dari  perolehan rerata kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding dengan perolehan rerata kelompok kontrol (eksperimen = 20,3 >kontrol = 17,3) dan hasil uji hipotesi menggunakan uji-t, dengan thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 2,9133 > ttabel =  2,001). Dengan demikian, dapat disimpulkan pendekatan starter eksperimen berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V semester genap di SD No 1 Kampung Bugis Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013.

 

Kata-kata kunci: pendekatan starter eksperimen, hasil belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Kdk. Suranata, B. H. S. (2013). PENGARUH PENDEKATAN STARTER EKSPERIMEN (PSE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SD NO 1 KAMPUNG BUGIS. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1367

Issue

Section

Articles