PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS IV SD GUGUS 4 BONDALEM KECAMATAN TEJAKULA

Authors

  • Md. Sukma Hadinata, Syahruddin, I Md.Tegeh

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1368

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui perbedaan yang signifikan prestasi belajar IPS antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV semester II di SD gugus 4 Bondalem. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain control-group pre-test post-test. Populasi penelitian ini adalah semua SD siswa kelas IV yang berada di Gugus 4 Bondalem yang terdiri dari 9 SD. Sampel penelitian adalah SD N 3 Bondalem sebanyak 24 orang sebagai kelompok eksperimen dan SD N 4 Bondalem yang berjumlah 22 orang sebagai kelompok kontrol yang dipilih menggunakan tehnik  random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Data tentang hasil prestasi belajar siswa dilakukan dengan menggunakan tes objektif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional yaitu Mo < Md > M atau 15 < 18,99 > 12,90 maka menunjukkan bahwa sebagian besar  skor cenderung rendah. prestasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran TAI yaitu Mo > Md > M atau 22,5 > 21 > 20,12 maka menunjukkan bahwa sebagian besar  skor cenderung tinggi. Hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan Uji-t diketahui bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar IPS siswa yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran tipe TAI  dengan prestasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran Konvensional pada siswa kelas IV di gugus 4 Bondalem tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari mean kelas eksperimen dan kelas kontrol (eksperimen = 20,12 > kontrol = 12,90). Dari hasil pengujian hipotesis kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan uji-t diperoleh thitung > ttabel (6,02 > 2,021).

 

Kata-kata kunci: kooperatif, TA, konvensional, prestasi belajar.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Md.Tegeh, M. S. H. S. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS IV SD GUGUS 4 BONDALEM KECAMATAN TEJAKULA. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1368

Issue

Section

Articles