PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEDERHANA PADA OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V

Ni L. Eka Warsini, Wyn Suniasih, Wyn Wiarta

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui penggunaan alat peraga sederhana. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas V di SD  N 5Batuantahun pelajaran 2012/2013 dengan banyak siswa yaitu 10 orang. Tindakan dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil belajar Matematika diukur melalui tes bentuk objektif dan uraian. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan, dari pra siklus hasil belajar siswa 64% (kategori rendah) dengan ketuntasan klasikal 40%, siklus I prosentase hasil belajar matematika mencapai  76,3% (kategori sedang)dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 60% sampai akhir siklus IIprosentase hasil belajar matematika mencapai 81% (kategori tinggi) dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 90% sehingga indikator keberhasilan yang ditetapkan sudah tercapai. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan alat peraga sederhana pada operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajarmatematikasiswa kelas VSD N 5 Batuan, Gianyar tahun pelajaran 2012/2013.

 

Kata kunci: penggunaan alat peraga sederhana, operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, dan hasil belajar Matematika


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.