PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 3 DALUNG

Authors

  • Ni Nym. Riastuti, I Kt. Ardana, I Md. Suara

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1371

Abstract

Abstrak

Tujuan  penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan  media konkret. Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa Kelas IV SDN.3 Dalung, Kecamatan Kuta Utara, tahunajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 40 orang.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan. Data yang terkumpul dianalisis secara deskritif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan metode tes hasil belajar.Dari hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan persentase motivasi belajar setelah dilaksanakan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif  tipe STAD. Pada Refleksi awal 48 % menjadi 59 % pada siklus I meningkat menjadi 68% pada Siklus II.Demikian juga dengan persentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari refleksi awal 60 %menjadi 65 % pada Siklus I dan meningkat menjadi 80% pada Siklus II.Dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 88%.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media konkret dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN. 3 Dalung.

 

Kata Kunci:Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan media konkret,

Motivasi, dan Hasil Belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Md. Suara, N. N. R. I. K. A. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 3 DALUNG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1371

Issue

Section

Articles