PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 3 DALUNG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1371Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan media konkret. Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa Kelas IV SDN.3 Dalung, Kecamatan Kuta Utara, tahunajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 40 orang.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan. Data yang terkumpul dianalisis secara deskritif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan metode tes hasil belajar.Dari hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan persentase motivasi belajar setelah dilaksanakan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD. Pada Refleksi awal 48 % menjadi 59 % pada siklus I meningkat menjadi 68% pada Siklus II.Demikian juga dengan persentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari refleksi awal 60 %menjadi 65 % pada Siklus I dan meningkat menjadi 80% pada Siklus II.Dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 88%.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media konkret dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN. 3 Dalung.
Kata Kunci:Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan media konkret,
Motivasi, dan Hasil Belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)