PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIRS SHAREBERBASIS SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD

Authors

  • Ni Wyn. Paris Sutrisni, I Ngh. Suadnyana , I Wyn.Rinda Suardika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1372

Abstract

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Berbasis Sains Teknologi Masyarakat dengan Siswa yang dibelajarkan menggunakan Pembelajaran Konvensional pada siswa kelas V SD Negeri 22 Dauh Puri.Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 22 Dauh Puri yang berjumlah 107 siswa. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas VA dan VB yang berjumlah 72 siswa. Dalam penelitian ini sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Data mengenai hasil belajar IPA kelas eksperimen dan kontrol dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda biasa. Data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis dengan uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas, dan uji homogenitas, selanjutnya uji hipotesis dianalisis dengan teknik statistik uji-t. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji-t dapat diketahui bahwa thitung = 2,58 > ttabel = 2,000. Dilihat dari rata-rata nilai pada kedua kelompok diketahui rata-rata nilai kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol ( = 83,34 >= 73,94). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti  Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Berbasis Sains Teknologi  Masyarakat dengan siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Konvensional pada Siswa Kelas V SD Negeri 22 Dauh Puri.

 

Kata kunci: TPS, Sains Teknologi Masyarakat, hasil belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

, I Wyn.Rinda Suardika, N. W. P. S. I. N. S. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIRS SHAREBERBASIS SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1372

Issue

Section

Articles