PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIRS SHAREBERBASIS SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1372Abstract
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Berbasis Sains Teknologi Masyarakat dengan Siswa yang dibelajarkan menggunakan Pembelajaran Konvensional pada siswa kelas V SD Negeri 22 Dauh Puri.Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 22 Dauh Puri yang berjumlah 107 siswa. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas VA dan VB yang berjumlah 72 siswa. Dalam penelitian ini sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Data mengenai hasil belajar IPA kelas eksperimen dan kontrol dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda biasa. Data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis dengan uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas, dan uji homogenitas, selanjutnya uji hipotesis dianalisis dengan teknik statistik uji-t. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji-t dapat diketahui bahwa thitung = 2,58 > ttabel = 2,000. Dilihat dari rata-rata nilai pada kedua kelompok diketahui rata-rata nilai kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol ( = 83,34 >= 73,94). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Berbasis Sains Teknologi Masyarakat dengan siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Konvensional pada Siswa Kelas V SD Negeri 22 Dauh Puri.
Kata kunci: TPS, Sains Teknologi Masyarakat, hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)