PENGARUH STRATEGI BELAJAR PQ4R BERBANTUAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS SABA GIANYAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1373Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara siswa yang belajar dengan strategi belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) berbantuan media grafis dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus Saba, Gianyar tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design, yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus Saba, Gianyar tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 148 orang. Sampel diambil dengan teknik random sampling, yaitu diperoleh siswa kelas IV SD Negeri 2 Saba yang berjumlah 39 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Saba yang berjumlah 38 orang sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar PKn dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda biasa dan dianalisis menggunakan analisis statistik uji-t. Rata-rata nilai gain skor ternormalisasi Pkn siswa kelas IV yang dibelajarkan dengan strategi belajar PQ4R berbantuan media grafis lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (0,49>0,33). Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara siswa yang belajar dengan strategi belajar PQ4R berbantuan media grafis dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional (thit = 3,4 ≥ ttab = 2,000). Dilihat dari rata-rata nilai gain skor ternormalisasi diperoleh rata-rata kelompok eksperimen Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi belajar PQ4R berbantuan media grafis berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Gugus Saba, Gianyar tahun pelajaran 2012/2013.
Kata kunci: PQ4R, media grafis, hasil belajar PKn
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)