PENGARUH STRATEGI BELAJAR PQ4R BERBANTUAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS SABA GIANYAR

Authors

  • Pt. Winda Paramita, Md. Putra, I Gd. Meter

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1373

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara siswa yang belajar dengan strategi belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) berbantuan media grafis dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus Saba, Gianyar tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design, yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus Saba, Gianyar tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 148 orang. Sampel diambil dengan teknik random sampling, yaitu diperoleh siswa kelas IV SD Negeri 2 Saba yang berjumlah 39 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Saba yang berjumlah 38 orang sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar PKn dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda biasa dan dianalisis menggunakan analisis statistik uji-t. Rata-rata nilai gain skor ternormalisasi Pkn siswa kelas IV yang dibelajarkan dengan strategi belajar PQ4R berbantuan media grafis lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (0,49>0,33). Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara siswa yang belajar dengan strategi belajar PQ4R berbantuan media grafis dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional (thit = 3,4 ≥ ttab = 2,000). Dilihat dari rata-rata nilai gain skor ternormalisasi diperoleh rata-rata kelompok eksperimen Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi belajar PQ4R berbantuan media grafis berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Gugus Saba, Gianyar tahun pelajaran 2012/2013.

 

Kata kunci: PQ4R, media grafis, hasil belajar PKn

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Gd. Meter, P. W. P. M. P. (2013). PENGARUH STRATEGI BELAJAR PQ4R BERBANTUAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS SABA GIANYAR. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1373

Issue

Section

Articles