PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD GUGUS IV KECAMATAN SUKAWATI

Authors

  • Ni Km. Ayu Susanti, I Wyn. Darsana, I Wyn.Rinda Suardika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1374

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran mind mapping berbantuan media gambar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional siswa kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Sukawati. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah  Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Sukawati tahun ajaran 2012/2013. Data yang dikumpulkan adalah nilai hasil belajar post test IPS dengan menggunakan tes pilihan ganda satu jawaban benar. Data  dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil uji diperoleh thitung=2,59, pada taraf signifikansi 5%  dengan derajat kebebasan (dk) = 58 diperoleh ttabel = 2,00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran mind mapping berbantuan media gambar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (thitung = 2,59 > ttabel=2,00). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping berbantuan media gambar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Sukawati Tahun Ajaran 2012/2013.

 

Kata kunci : Model mind mapping, media gambar,  hasil belajar IPS.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Wyn.Rinda Suardika, N. K. A. S. I. W. D. (2013). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD GUGUS IV KECAMATAN SUKAWATI. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1374

Issue

Section

Articles