PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD GUGUS IV KECAMATAN SUKAWATI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1374Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran mind mapping berbantuan media gambar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional siswa kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Sukawati. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Sukawati tahun ajaran 2012/2013. Data yang dikumpulkan adalah nilai hasil belajar post test IPS dengan menggunakan tes pilihan ganda satu jawaban benar. Data dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil uji diperoleh thitung=2,59, pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan (dk) = 58 diperoleh ttabel = 2,00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran mind mapping berbantuan media gambar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (thitung = 2,59 > ttabel=2,00). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping berbantuan media gambar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Sukawati Tahun Ajaran 2012/2013.
Kata kunci : Model mind mapping, media gambar, hasil belajar IPS.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)