PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM (QUANTUM TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SD NO. 1 JINENGDALEM
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1375Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)peningkatan keaktifan belajar
Matematika dan (2)peningkatan hasil belajar Matematika melalui model
pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas III SD No. 1 Jinengdalem
Buleleng tahun pelajaran 2012/2013 berjumlah 25 orang. Tindakan dilakukan
dalam 2 siklus. Siklus I terdiri atas 4 pertemuan dan siklus II terdiri atas 4 pertemuan.
Setiap pertemuannya secara berdaur mulai perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi. Data keaktifan belajar siswa dikumpulkan dengan
menggunakan lembar observasi, sedangkan data hasil belajar dikumpulkan
dengan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil
penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Quantum Teachingdapat
meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Matematika. Pada siklus 1, persentase
tingkat aktivitas belajar siswa sebesar 62,50. Setelah dilaksanakan tindakan pada
siklus 2 ternyata persentase tingkat aktivitas belajar siswa mampu mencapai 76,48.
Persentase hasil belajar siswa pada siklus 1 baru mencapai 63,88%, setelah
dilaksanakan tindakan di siklus dua ternyata hasil belajar siswa meningkat menjadi
80,13%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapkan
model Quantum Teachingmampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
dalam mata pelajaran Matematika kelas III semester I SD No.1 Jinengdalem tahun
pelajaran 2012/2013.
Kata kunci : model Quantum Teaching , aktivitas belajar, hasil belajar
Downloads
Published
2013-01-08
How to Cite
Md. Sumantri, D. W. N. J. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM (QUANTUM TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SD NO. 1 JINENGDALEM. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1375
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)