PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM (QUANTUM TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SD NO. 1 JINENGDALEM

Authors

  • Danang Wijayanto, Nym. Jampel, Md. Sumantri

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1375

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)peningkatan keaktifan belajar
Matematika dan (2)peningkatan hasil belajar Matematika melalui model
pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas III SD No. 1 Jinengdalem
Buleleng tahun pelajaran 2012/2013 berjumlah 25 orang. Tindakan dilakukan
dalam 2 siklus. Siklus I terdiri atas 4 pertemuan dan siklus II terdiri atas 4 pertemuan.
Setiap pertemuannya secara berdaur mulai perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi. Data keaktifan belajar siswa dikumpulkan dengan
menggunakan lembar observasi, sedangkan data hasil belajar dikumpulkan
dengan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil
penelitian  menunjukkan  penerapan  model  pembelajaran Quantum  Teachingdapat
meningkatkan  keaktifan  dan  hasil  belajar  Matematika.  Pada  siklus  1,  persentase
tingkat  aktivitas  belajar  siswa  sebesar  62,50.  Setelah  dilaksanakan  tindakan  pada
siklus  2  ternyata  persentase  tingkat  aktivitas  belajar  siswa  mampu  mencapai  76,48.
Persentase  hasil  belajar  siswa  pada  siklus  1  baru  mencapai  63,88%,  setelah
dilaksanakan  tindakan  di  siklus  dua  ternyata  hasil  belajar  siswa  meningkat  menjadi
80,13%.  Berdasarkan  hasil  penelitian  tersebut  dapat  disimpulkan bahwa penerapkan
model Quantum  Teachingmampu  meningkatkan  aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa
dalam  mata  pelajaran  Matematika  kelas  III  semester  I  SD  No.1  Jinengdalem  tahun
pelajaran 2012/2013.
Kata kunci : model Quantum Teaching , aktivitas belajar, hasil belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Md. Sumantri, D. W. N. J. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM (QUANTUM TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SD NO. 1 JINENGDALEM. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1375

Issue

Section

Articles