PENGARUH PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBANTUAN GAMBAR BERSERITERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD GUGUS IGIANYAR

Authors

  • Ni Wyn. Juliati, I.B. Surya Manuaba, I Kt. Adnyana Putra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1376

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara antara kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran Time Token berbantuan gambar berseri dengan kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional siswa kelas V SD Gugus I Gianyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang populasinya seluruh siswa kelas V di SD Gugus 1 Gianyar. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V1 SD Negeri 2 Gianyar yang berjumlah 40 orang siswa dan siswa kelas V2 SD Negeri 2 Gianyar yang berjumlah 40 orang siswa. Data keterampilan berbicara siswa diperoleh dengan instrument tes keterampilan berbicara yang dilengkapi rubrik penilaian.Hasil tes akhir pembelajaran (post-test) diketahui bahwa rata-rata nilai keterampilan berbicara kelompok eksperimen adalah 81,10 dan  kelompok kontrol adalah 78,90. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan statistik uji t, diperoleh thitung= 3,14> ttabel=2,00. Maka terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara antara kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran Time Token berbantuan gambar berseri dengan kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional siswa kelas V SD Gugus 1 Gianyar .Jadi disimpulkan bahwa pembelajaranTime Token berbantuan gambar berseri berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Gugus 1 Gianyar.

 

Kata-katakunci: Time Token, gambar berseri,keterampilan berbicara.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Kt. Adnyana Putra, N. W. J. I. S. M. (2013). PENGARUH PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBANTUAN GAMBAR BERSERITERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD GUGUS IGIANYAR. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1376

Issue

Section

Articles