PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEMESTER II SD NO. 2 TIBUBENENG KECAMATAN KUTA UTARA BADUNG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1377Abstract
Abstrak
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV semester II SD No. 2 Tibubeneng Tahun Ajaran 2012/2013 pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan pendekatan keterampilan proses. Dengan jumlah siswa 27 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan tes. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan tehnik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan rata –rata persentase keaktifan belajar siswa dari 70% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II, Demikian juga pada hasil belajar matematika siswa terjadi peningkatan hasil belajar secara klasikal dari 68,88% pada siklus I menjadi 77,59% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses pada mata pelajaran Matematika dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV semester II di SD No. 2 Tibubeneng tahun ajaran 2012/2013
Kata kunci : Pendekatan Keterampilan Proses, Keaktifan, Hasil Belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)