PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEMESTER II SD NO. 2 TIBUBENENG KECAMATAN KUTA UTARA BADUNG

Authors

  • Ni Pt. Lady Andriani, I Wyn. Wiarta, I Ngh. Suadnyana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1377

Abstract

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah  untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV semester II  SD No. 2  Tibubeneng Tahun Ajaran 2012/2013 pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan pendekatan keterampilan proses. Dengan jumlah siswa 27 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan  observasi dan  tes. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan tehnik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan rata –rata persentase keaktifan  belajar siswa  dari 70% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II, Demikian juga pada hasil belajar matematika siswa terjadi peningkatan hasil belajar  secara klasikal  dari 68,88% pada siklus I menjadi 77,59% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses pada mata pelajaran Matematika  dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV semester II  di SD No. 2 Tibubeneng tahun ajaran 2012/2013

Kata kunci : Pendekatan Keterampilan Proses, Keaktifan, Hasil Belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Ngh. Suadnyana, N. P. L. A. I. W. W. (2013). PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEMESTER II SD NO. 2 TIBUBENENG KECAMATAN KUTA UTARA BADUNG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1377

Issue

Section

Articles