PENGARUH STRATEGI PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN MODEL ELABORASI BERBANTUAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1379Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pengorganisasian pembelajaran model elaborasi berbantuan media grafis terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDNegeri Gugus IX Abiansemal, Kabupaten Badung tahun ajaran 2012/2013.Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu atau Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design.Populasipenelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gugus IX Abiansemal. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik sampling purposive sehingga diperoleh 2 kelas sebagai sampel penelitian. Uji kesetaraan sampel dilakukan berdasarkan analisis nilai ulangan umum dengan menggunakan uji t. Penentuan kelas kontrol maupun eksperimen dilakukan dengan pengundian, yang menghasilkan SD No.1 Darmasaba sebagai kelompok eksperimen dan SD No.5 Darmasaba sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode tes. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji beda (t-test). Berdasarkan hasil analisis data, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi pengorganisasian pembelajaran model elaborasi berbantuan media grafis dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas IV SD Negeri Gugus IX Abiansemal tahun ajaran 2012/2013 dengan taraf signifikansi 5%diperoleh hasil lebih besar dari yaitu 3,932 > 2,000. Dengan demikian disimpulkan bahwa strategi pengorganisasian pembelajaran model elaborasi berbantuan media grafis berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswakelas IV SDNegeri Gugus IX Abiansemal, Kabupaten Badung tahun ajaran 2012/2013.
Kata Kunci: strategi, pembelajaran, hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)