PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPENUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN TEKNIK PROBING-PROMTING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1380Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT diikuti teknik Probing-Promting dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran Konvensional pada siswa kelas V SD Negeri di Gugus V Abiansemal, Badung tahun ajaran 2012/2013.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri di Gugus V Abiansemal yang terdiri dari 6 kelas dan dipilih 2 kelas untuk dijadikan sampel penelitian. Untuk pemilihan sampel digunakan teknik purposive sampling.Data yang dianalisis adalah hasil belajar matematika siswa yang dikumpulkan melalui tes hasil belajar matematika siswa.Bentuk tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda biasa yang terdiri dari 30 butir soal. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji beda mean (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan melalui model pebelajaran kooperatif tipe NHT diikuti teknik Probing-Promting dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional (nilai thitung= 2,13 dan ttabel = 1,990) jadi thitung> ttabel. Nilai rata-rata hasil belajar matematika yg diperoleh kelompok eksperimen adalah 77,69 sedangkan kelompok kontrol adalah 68,84. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan teknik Probing-Promting berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri di Gugus V Abiansemal.
Kata kunci : NHT dengan teknik Probing-Promting, hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)