PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM BERBASIS PENILAIAN KINERJA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS I GUSTI NGURAH RAI

Authors

  • Ni Pt. Ari Trisnawati, I Kt. Ardana, I Wy. Darsana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1382

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kuantum berbasis penilaian kinerja dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Barat Tahun Ajaran 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah 10 kelas V SD di Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Barat Tahun Ajaran 2012/2013. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VA SD Negeri 18 Padangsambian sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VB SD Negeri 18 Padangsambian sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda biasa dan dianalisis menggunakan analisis statistik uji-t. Hasil analisis  menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kuantum berbasis penilaian kinerja dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Barat Tahun Ajaran 2012/2013 (thitung= 2,05>ttabel (= 2,00) dan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan nilai rata-rata kelompok kontrol (82,48 > 76,49). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kuantum berbasis penilaian kinerja berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Barat.

 

Kata kunci: kuantum, penilaian kinerja, hasil belajar IPA.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Wy. Darsana, N. P. A. T. I. K. A. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM BERBASIS PENILAIAN KINERJA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS I GUSTI NGURAH RAI. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1382

Issue

Section

Articles