PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM BERBASIS PENILAIAN KINERJA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS I GUSTI NGURAH RAI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1382Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kuantum berbasis penilaian kinerja dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Barat Tahun Ajaran 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah 10 kelas V SD di Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Barat Tahun Ajaran 2012/2013. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VA SD Negeri 18 Padangsambian sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VB SD Negeri 18 Padangsambian sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda biasa dan dianalisis menggunakan analisis statistik uji-t. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kuantum berbasis penilaian kinerja dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Barat Tahun Ajaran 2012/2013 (thitung= 2,05>ttabel (= 2,00) dan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan nilai rata-rata kelompok kontrol (82,48 > 76,49). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kuantum berbasis penilaian kinerja berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Barat.
Kata kunci: kuantum, penilaian kinerja, hasil belajar IPA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)