PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERDASARKAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS 2 MENGWI

Authors

  • Ni Pt. Yusi Susanti, I Wyn. Darsana, I Kt. Ardana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1383

Abstract

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berdasarkan keterampilan proses sains dengan siswa yang dibelajarkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD di Gugus 2 Mengwi, Kabupaten Badung, Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus 2 Mengwi, Kabupaten Badung yang berjumlah 269 orang siswa meliputi 7 sekolah dan terdiri dari 8 kelas. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling sehingga diperoleh siswa kelas IV SD Negeri 2 Tumbakbayuh sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 38 orang siswa dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Buduk sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 40 orang siswa. Data dikumpulkan dengan tes objektif pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji t diperoleh,  > , (3,194 > 2,000), maka  ditolak dan  diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berdasarkan keterampilan proses sains dengan siswa yang dibelajarkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD di Gugus 2 Mengwi, Kabupaten Badung. Ini berarti model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Gugus 2 Mengwi, Kabupaten Badung, Tahun Ajaran 2012/2013.

Kata-kata kunci : Group Investigation, keterampilan proses sains, hasil belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Kt. Ardana, N. P. Y. S. I. W. D. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERDASARKAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS 2 MENGWI. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1383

Issue

Section

Articles