PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) BERBASIS PEMECAHAN MASALAH BERPENGARUHTERHADAP HASILBELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS I KECAMATAN KLUNGKUNG

Authors

  • L. Km. Dwi Astiti Utami, I Wyn. Darsana, I Wyn. Wiarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1387

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiperbedaan yang siginifikan hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan RME berbasis pemecahan masalah dengan siswa yang dibelajarkan secara konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus I Kecamatan Klungkung.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus I Kecamatan Klungkung yang terdiri dari enam kelas dengan 199 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, sehingga diperoleh dua kelas yang dijadikan sampel dengan 78 siswa. Data yang dianalisis adalah data hasil belajar matematika siswa yang diperoleh melalui tes. Tes yang digunakan adalah tes obyektif pilihan ganda berjumlah 30 soal. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji-t.Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 2,18 dan ttabel (pada taraf signifikansi 5%) = 2,000. Hal ini berarti bahwa thitung> ttabel, sehingga dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan RME berbasis pemecahan masalah dengan siswa yang dibelajarkan secara konvensional. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen sebesar 59,71 dan pada kelompok kontrol sebesar 51,86. Ini berarti hasil belajar matematika siswa pada kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan dengan siswa pada kelompok kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa pendekatan RME berbasis pemecahan masalah berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Gugus I Kecamatan Klungkung  tahun pelajaran 2012/2013.

 

Kata kunci: pendekatan RME, pemecahan masalah, hasil belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Wyn. Wiarta, L. K. D. A. U. I. W. D. (2013). PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) BERBASIS PEMECAHAN MASALAH BERPENGARUHTERHADAP HASILBELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS I KECAMATAN KLUNGKUNG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1387

Issue

Section

Articles