PENERAPAN METODE RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN KARTU ANGKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SDN 4 PENYARINGAN

Authors

  • I Gd. Agus Mahardika, I Gst. Ngr. Japa, Ni Ngh. Madri Antari

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1400

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk memaparkan peningkatan (1) aktivitas dan (2) hasil belajar matematika siswa setelah penerapan metode Reciprocal Teaching berbantuan kartu angka. Penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus ini melibatkan 15 orang siswa kelas VI SD Negeri 4 Penyaringan tahun pelajaran 2012/2013. Data aktivitas dan hasil belajar matematika dikumpulkan dengan menggunakan (1) lembar observasi dan (2) tes hasil belajar.Data hasil observasi mengenai aktivitas dan hasil belajar selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas belajar pada siklus I rata-rata sebesar 54,16%, sedangkan pada siklus II rata-rata persentase meningkat menjadi 87,85%. Peningkatan aktivitas belajar tersebut juga diikuti oleh peningkatan hasil belajar siswa. Rata-rata persentase hasil belajar pada siklus I meningkat dari 72,33% (kategori sedang) menjadi 86,67 % (kategori tinggi) pada siklus II. Jadi, hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa penerapan metode Reciprocal Teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa.

 

Kata kunci:       Reciprocal Teaching, kartu angka, aktivitas, hasil belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Ni Ngh. Madri Antari, I. G. A. M. I. G. N. J. (2013). PENERAPAN METODE RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN KARTU ANGKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SDN 4 PENYARINGAN. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1400

Issue

Section

Articles