PENERAPAN METODE RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN KARTU ANGKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SDN 4 PENYARINGAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1400Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk memaparkan peningkatan (1) aktivitas dan (2) hasil belajar matematika siswa setelah penerapan metode Reciprocal Teaching berbantuan kartu angka. Penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus ini melibatkan 15 orang siswa kelas VI SD Negeri 4 Penyaringan tahun pelajaran 2012/2013. Data aktivitas dan hasil belajar matematika dikumpulkan dengan menggunakan (1) lembar observasi dan (2) tes hasil belajar.Data hasil observasi mengenai aktivitas dan hasil belajar selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas belajar pada siklus I rata-rata sebesar 54,16%, sedangkan pada siklus II rata-rata persentase meningkat menjadi 87,85%. Peningkatan aktivitas belajar tersebut juga diikuti oleh peningkatan hasil belajar siswa. Rata-rata persentase hasil belajar pada siklus I meningkat dari 72,33% (kategori sedang) menjadi 86,67 % (kategori tinggi) pada siklus II. Jadi, hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa penerapan metode Reciprocal Teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa.
Kata kunci: Reciprocal Teaching, kartu angka, aktivitas, hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)