PENGARUH MODEL PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1401Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis IPA kelompok siswa yang belajar dengan model POE berorientasi pendidikan karakter bangsa, (2) mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis IPA kelompok siswa yang belajar dengan model ekspositori, dan (3) mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kritis IPA antara kelompok siswa yang belajar dengan model POE berorientasi pendidikan karakter bangsa dan kelompok siswa yang belajar dengan model ekspositori. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi exsperiment) dengan rancangan penelitian post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus IV Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah 200 siswa. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dengan jumlah 59 siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah skor keterampilan berpikir kritis yang dikumpulkan dengan tes keterampilan berpikir kritis. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata keterampilan berpikir kritis kelompok siswa yang belajar dengan model POE berorientasi pendidikan karakter bangsa sebesar 40,98, (2) rata-rata keterampilan berpikir kritis kelompok siswa yang menggunakan model ekspositori sebesar 28,17, (3) terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kritis IPA antara kelompok siswa yang belajar dengan model POE berorientasi pendidikan karakter bangsa dan kelompok siswa yang belajar dengan model ekspositori (t = 3,937; p < 0,05).
Kata kunci: POE, pendidikan karakter, berpikir kritis
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)