PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JOLLY PHONICS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1405Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan membaca dan menulis permulaan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Jolly Phonics, 2) mengetahui kemampuan membaca dan menulis permulaan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, 3) mengetahui perbedaan kemampuan membaca dan menulis permulaan antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Jolly Phonics dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (MPK). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas I SD di Gugus V Sangsit yang berjumlah 90 siswa. Sampel penelitian ditetapkan sebanyak 2 kelas dengan jumlah 51 siswa, yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Data kemampuan membaca dan menulis permulaan dikumpulkan dengan tes lisan dan isian yang disertai performance (penampilan). Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis uji-t dengan bantuan program Microsoft Excel 2007. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan membaca dan menulis permulaan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Jolly Phonics berada pada kualifikasi sangat baik (M= 37,22; SD= 3,74), sedangkan kemampuan membaca dan menulis permulaan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional berada pada kualifikasi baik (M= 31,83; SD= 25,33). Hasil uji-t menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Jolly Phonics dengan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (thitung > ttabel yaitu 109,94 > 1,671).
Kata kunci: model Jolly Phonics, membaca, menulis
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)