PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV GUGUS XIII KECAMATAN BULELENG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1406Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan minat dan hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran Quantum Teaching dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus XIII yang terdiri dari 3 sekolah dengan jumlah populasi 54 orang. Sampel diambil dengan cara random sampling dan random dilakukan pada kelas dan berjumlah 42 orang (kelas eksperimen 21 orang dan kelas kontrol 21 orang) . Rancangan penelitian ini adalah Non Equivalent Control Group Design. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner untuk komponen minat belajar dan tes untuk komponen hasil belajar IPA. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 17,0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan minat belajar antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran Quantum Teaching dengan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (F= 17,108; p<0,05), (2) Terdapat perbedaan hasil belajar antar kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran Quantum Teaching dan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (F= 5,659; p<0,05) dan (3) Terdapat perbedaan secara simultan minat belajar dan hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran Quantum Teaching dan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (harga F hitung lebih kecil dari 0,05). Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap minat belajar dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD.
Kata kunci: quantum teaching, minat, hasil belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)