PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA CERITA ANAK BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN AKTIVITAS SISWA KELAS V

Authors

  • I Gst. Ngr. Pt. Karang B, I Nym. Arcana, Pt. Nanci Riastini

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1425

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan pemahaman konsep
IPA melalui  pendekatan pembelajaran  kontekstual,  (2)  mengetahui  peningkatan
aktivitas siswa  melalui  pendekatan pembelajaran  kontekstual.  Penelitian  ini  adalah
Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK)  dengan  subjek penelitian  siswa  kelas  V  SD  No.  2
Ambengan tahun pelajaran 2012/2013 berjumlah 25 orang. Tindakan dilakukan dalam
2 siklus. Siklus I terdiri atas 3 pertemuan dan siklus II terdiri atas 3 pertemuan. Setiap
pertemuannya  dilaksanakan  sesuai  dengan  tahapan  mulai  dari  perencanaan,
pelaksanaan,  observasi  dan  refleksi.  Pemahaman  konsep  IPA  diukur  dengan  data
hasil belajar IPA. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan metode tes, sedangkan
data  aktivitas siswa dikumpulkan  dengan  metode  observasi.  Data  yang  telah
terkumpul  dianalisis  secara  deskriptif  kuantitatif.  Hasil penelitian  menunjukkan
penerapan  pendekatan  pembelajaran  kontekstual  dapat  meningkatkan  pemahaman
konsep IPA pada siswa kelas V di SD No. 2 Ambengan tahun pelajaran 2012/2013.
Peningkatan  tersebut  ditunjukkan  pada  siklus  II  yakni  hasil  belajar  IPA mencapai
kriteria  tinggi,  dengan  persentase  ketuntasan  mencapai ketuntasan  100%,  dan
aktivitas  siswa  dengan  kriteria  aktif. Berdasarkan  penelitian  ini,  disarankan  kepada
semua  guru  kelas  di  sekolah dasar  tempat  penelitian  hendaknya  menerapkan
pendekatan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran IPA.

Kata kunci: pendekatan kontekstual, pemahaman konsep IPA, aktivitas siswa

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Pt. Nanci Riastini, I. G. N. P. K. B. I. N. A. (2013). PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA CERITA ANAK BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN AKTIVITAS SISWA KELAS V. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1425

Issue

Section

Articles