PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA CERITA ANAK BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN AKTIVITAS SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1425Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan pemahaman konsep
IPA melalui pendekatan pembelajaran kontekstual, (2) mengetahui peningkatan
aktivitas siswa melalui pendekatan pembelajaran kontekstual. Penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas V SD No. 2
Ambengan tahun pelajaran 2012/2013 berjumlah 25 orang. Tindakan dilakukan dalam
2 siklus. Siklus I terdiri atas 3 pertemuan dan siklus II terdiri atas 3 pertemuan. Setiap
pertemuannya dilaksanakan sesuai dengan tahapan mulai dari perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pemahaman konsep IPA diukur dengan data
hasil belajar IPA. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan metode tes, sedangkan
data aktivitas siswa dikumpulkan dengan metode observasi. Data yang telah
terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan
penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan pemahaman
konsep IPA pada siswa kelas V di SD No. 2 Ambengan tahun pelajaran 2012/2013.
Peningkatan tersebut ditunjukkan pada siklus II yakni hasil belajar IPA mencapai
kriteria tinggi, dengan persentase ketuntasan mencapai ketuntasan 100%, dan
aktivitas siswa dengan kriteria aktif. Berdasarkan penelitian ini, disarankan kepada
semua guru kelas di sekolah dasar tempat penelitian hendaknya menerapkan
pendekatan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran IPA.
Kata kunci: pendekatan kontekstual, pemahaman konsep IPA, aktivitas siswa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)