PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS VII KECAMATAN TEJAKULA

Authors

  • Kd. Arya Dwi H, Ni Kt. Suarni, I Wyn. Sudiana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1426

Abstract

Abstrak
Berdasarkan  hasil  observasi  yang  dilakukan  dengan  guru  mata  pelajaran  matematika
diperoleh  informasi  bahwa  hasil  belajar  matematika  siswa  kelas  V  SD  di  gugus  VII
Kecamatan Tejakula  Kabupaten Buleleng rendah. Hal ini dapat dilihat dari dokumen hasil
belajar  matematika  siswa  dengan  rata-rata  berada  di  bawah  KKM,  disebabkabn  karena
proses  pembelajaran  di  sekolah  tersebut  masih  terpusat  pada  guru.  Penelitian  ini
bertujuan  untuk  mengetahui  perbedaan  yang  signifikan  hasil  belajar  matematika  antara
siswa  yang  mengikuti  pembelajaran  dengan  metode  problem  solving  dan  siswa  yang
mengikuti  pembelajaran  konvensional.  Jenis  penelitian  ini  adalah  quasi  exsperimen
dengan  rancangan  post-test  only  control  group  design.  Populasi  penelitian  ini  adalah
seluruh  siswa  kelas  V  SD  di  gugus  VII  Kecamatan  Tejakula    Kabupaten  Buleleng.
Sebanyak 45  orang siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik  random
clas  sampling.  Data  yang  dianalisis  dalam  penelitian  ini  adalah  skor  hasil  belajar
matematika  ranah  kognitif  yang  dikumpulkan  melalui  tes  obyektif.  Hasil  penelitian
menunjukan  bahwa  terdapat  perbedaan  yang  signifikan  pada  hasil  belajar  matematika
antara  siswa  yang  mengikuti  pembelajara  dengan  metode  problem   solving  dan  siswa
yang  mengikuti  pembelajaran  secara  konvensional.  Hal  ini  dapat  dilihat  dari   perolehan
rerata  kelompok  eksperimen  lebih  tinggi  dibanding  dengan  perolehan  rerata  kelompok
kontrol  (rata-rata  eksperimen  =  23,14  >  rata-rata  kontrol  =  18,96)  dan  hasil  uji  hipotesi
menggunakan  uji-t,  dengan  thitung  lebih  besar  dari  t
tabel
(thitung  =  3,796  >  t
tabel
=   2,021).
Dengan  demikian,  metode  problem  solving  berpengaruh  terhadap  hasil  belajar
matematika  siswa  kelas  V  SD  di  gugus  VII  Kecamatan  Tejakula  Kabupaten  Buleleng
tahun pelajaran 2012/2013.

Kata-kata kunci: problem solving, hasil belajar matematika

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Wyn. Sudiana, K. A. D. H. N. K. S. (2013). PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS VII KECAMATAN TEJAKULA. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1426

Issue

Section

Articles