PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS VII KECAMATAN TEJAKULA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1426Abstract
Abstrak
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan dengan guru mata pelajaran matematika
diperoleh informasi bahwa hasil belajar matematika siswa kelas V SD di gugus VII
Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng rendah. Hal ini dapat dilihat dari dokumen hasil
belajar matematika siswa dengan rata-rata berada di bawah KKM, disebabkabn karena
proses pembelajaran di sekolah tersebut masih terpusat pada guru. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara
siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode problem solving dan siswa yang
mengikuti pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperimen
dengan rancangan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas V SD di gugus VII Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng.
Sebanyak 45 orang siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random
clas sampling. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar
matematika ranah kognitif yang dikumpulkan melalui tes obyektif. Hasil penelitian
menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar matematika
antara siswa yang mengikuti pembelajara dengan metode problem solving dan siswa
yang mengikuti pembelajaran secara konvensional. Hal ini dapat dilihat dari perolehan
rerata kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding dengan perolehan rerata kelompok
kontrol (rata-rata eksperimen = 23,14 > rata-rata kontrol = 18,96) dan hasil uji hipotesi
menggunakan uji-t, dengan thitung lebih besar dari t
tabel
(thitung = 3,796 > t
tabel
= 2,021).
Dengan demikian, metode problem solving berpengaruh terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas V SD di gugus VII Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng
tahun pelajaran 2012/2013.
Kata-kata kunci: problem solving, hasil belajar matematika
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)