PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV GUGUS VI DI KECAMATAN KUBUTAMBAHAN

Authors

  • Ni Kd. Eva Sri Utami, Ni Wyn. Rati, I Nym. Murda

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1427

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar IPS yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran ARIAS berbantuan media gambar  dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Gugus VI Tajun Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan “Post Test Only With Non Equivalent Control Group Desigen”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Gugus VI Tajun yang berjumlah 67 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 1 Tajun yang berjumlah 27  orang dan siswa kelas IV SD Negeri 4 Tajun  yang berjumlah 40 orang. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh thitung sebesar 4,71. dan, ttabel (pada taraf signifikan 5%) = 1,671. Hal ini berarti, thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel), sehingga dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa kelas IV semester II di SD gugus VI Kecamatan Kubutambahan antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran ARIAS dan kelompok model pembelajaran konvensional.

 

Kata kunci : ARIAS, media gambar, hasil belajar IPS

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Nym. Murda, N. K. E. S. U. N. W. R. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV GUGUS VI DI KECAMATAN KUBUTAMBAHAN. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1427

Issue

Section

Articles