PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV GUGUS VI DI KECAMATAN KUBUTAMBAHAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1427Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar IPS yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran ARIAS berbantuan media gambar dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Gugus VI Tajun Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan “Post Test Only With Non Equivalent Control Group Desigen”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Gugus VI Tajun yang berjumlah 67 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 1 Tajun yang berjumlah 27 orang dan siswa kelas IV SD Negeri 4 Tajun yang berjumlah 40 orang. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh thitung sebesar 4,71. dan, ttabel (pada taraf signifikan 5%) = 1,671. Hal ini berarti, thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel), sehingga dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa kelas IV semester II di SD gugus VI Kecamatan Kubutambahan antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran ARIAS dan kelompok model pembelajaran konvensional.
Kata kunci : ARIAS, media gambar, hasil belajar IPS
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)