PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN SISWA KELAS V SD

Authors

  • Manik Ayu Candra Dewi, I Wyn. Sujana, Made Putra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1433

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui perbedaan secara signifikan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan menggunakan model  pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan dengan pembelajaran konvensional 2) mengetahui perbedaan secara signifikan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan menggunakan model  pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir divergen. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Gugus Ir. Soekarno Pedungan. Kelompok eksperimen yaitu SD N 7 Pedungan yang berjumlah 46 orang dan kelompok kontrol yaitu SD N 5 Pedungan yang berjumlah 43 orang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu menggunakan desain penelitian Non-Equivalen Control Grup Desain. Metode analisis data adalah metode statistik kuantitatif deskriptif dan inferensial menggunakan analisis kovariansi. Hasil analisis data adalah Pertama, penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA untuk dk = n1 + n2 – 2 = 87 pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) diperoleh ttabel sebesar 2,00 sedangkan berdasarkan analisis didapatkan thitung sebesar 5,89 (thitung > ttabel yaitu 5,89 > 2,00).  Kedua, penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA walaupun telah diadakan pengendalian terhadap kemampuan berpikir divergen pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) untuk dk pembilang 1 dan dk penyebut 86 diperoleh Ftabel sebesar 3,96 sedangkan berdasarkan analisis didapatkan Fhitung sebesar 21,70  (Fhitung > Ftabel yaitu 21,70 > 3,96). Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan berpengaruh terhadap hasil belajar IPA baik dengan pengendalian kemampuan berpikir divergen maupun tanpa pengendalian kemampuan berpikir divergen.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar IPA, Kemampuan Berpikir Divergen

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Made Putra, M. A. C. D. I. W. . S. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN SISWA KELAS V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1433

Issue

Section

Articles