PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN SISWA KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1433Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui perbedaan secara signifikan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan dengan pembelajaran konvensional 2) mengetahui perbedaan secara signifikan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir divergen. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Gugus Ir. Soekarno Pedungan. Kelompok eksperimen yaitu SD N 7 Pedungan yang berjumlah 46 orang dan kelompok kontrol yaitu SD N 5 Pedungan yang berjumlah 43 orang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu menggunakan desain penelitian Non-Equivalen Control Grup Desain. Metode analisis data adalah metode statistik kuantitatif deskriptif dan inferensial menggunakan analisis kovariansi. Hasil analisis data adalah Pertama, penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA untuk dk = n1 + n2 – 2 = 87 pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) diperoleh ttabel sebesar 2,00 sedangkan berdasarkan analisis didapatkan thitung sebesar 5,89 (thitung > ttabel yaitu 5,89 > 2,00). Kedua, penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA walaupun telah diadakan pengendalian terhadap kemampuan berpikir divergen pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) untuk dk pembilang 1 dan dk penyebut 86 diperoleh Ftabel sebesar 3,96 sedangkan berdasarkan analisis didapatkan Fhitung sebesar 21,70 (Fhitung > Ftabel yaitu 21,70 > 3,96). Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan berpengaruh terhadap hasil belajar IPA baik dengan pengendalian kemampuan berpikir divergen maupun tanpa pengendalian kemampuan berpikir divergen.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar IPA, Kemampuan Berpikir Divergen
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)