PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIKBERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI GUGUS 4 KECAMATAN KUTA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1434Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar konsep pengukuran antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran matematika realistik dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional di kelas IV SD di Gugus 4 Kecamatan Kuta Utara. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus 4 Kecamatan Kuta Utara sebanyak 253 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah SD No. 2 Kerobokan Kelod sebagai kelompok eksperimen yang siswanya sebanyak 47 dan SD No. 1 Kerobokan Kelod sebagai kelompok kontrol yang siswanya sebanyak 47. Jenis penelitiannya menggunakan eksperimen semu atau kuasi eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa tes pilihan ganda. Kemudian data hasil belajar matematika dianalisis dengan t-test. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran melalui model pembelajaran matematika realistik dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional terlihat ( thitung= 2,305 > ttabel = 1,980 ) dengan db = 92 ( ∑n-2 = 94 – 2 = 92 ) dan taraf signifikansi 5%, demikian juga rata - rata kelompok eksperimen yaitu 83,40 lebih dari rata - rata kelompok kontrol yaitu 71,64. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran matematika realistik berpengaruh terhadap hasil belajar konsep pengukuran Siswa kelas IV SD di Gugus 4 Kecamatan Kuta Utara.
Kata kunci : Model pembelajaran matematika realistik , hasil belajar matematikaninyomansriaryanti@yahoo.co.id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)