PENERAPAN MODEL ACCELERATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV B SD NEGERI 23 DANGIN PURI DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1435Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Accelerated Learning dalam upaya meningkatkan (1) aktivitas dan (2) hasil belajar IPA siswa kelas IV B SD Negeri 23 Dangin Puri Denpasar Tahun Pelajaran 2012/2013.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi pada setiap siklusnya. Subjek terteliti adalah siswa kelas IV B SD Negeri 23 Dangin Puri Denpasar Tahun 2012/2013 berjumlah 43 orang siswaterdiri atas26 laki-laki dan 17 perempuan. Data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi untuk mengetahui tingkat aktivitas belajar siswa dan metode tes untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis datadapat disimpulkan bahwa penerapan model Accelerated Learning dapat meningkatkan (1) aktivitas belajar IPA siswa kelas IV B SD Negeri 23 Dangin Puri Denpasar dari siklus I sebesar 68,41% menjadi 79,55% pada siklus II dan (2) hasil belajar IPA siswa dari siklus I sebesar 68,26% menjadi 78,60% pada siklus II. Dengan demikian penelitian ini dapat dikatakan telah berhasil pada siklus II karena memenuhi indikator keberhasilan penelitian yaitu persentase rata-rata aktivitas belajar siswa telah mencapai kriteria aktif dan hasil belajar siswa telah mencapai kriteria tinggi atau keduanya telah mencapai rentang 70%-80% .
Katakunci : model Accelerated Learning, aktivitas belajar, hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)