PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS IV KUTA BADUNG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1437Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS
antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model kooperatif tipe CPS
(Creative Problem Solving) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara
konvensional pada siswa kelas IV semester genap Sekolah Dasar gugus IV Kuta
Badung Tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen
dengan desain penelitian adalah non equivalent control group desain. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di Sekolah Dasar Gugus IV Kuta Badung,
Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 2 Kedonganan yang berjumlah
40 siswa dan siswa kelas IV SD Negeri 4 Kedonganan yang berjumlah 39 siswa.
Dalam penelitian ini melibatkan dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat,
variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe CPS
berbantuan bahan ajar yang diorkestrasi guru dan pembelajaran konvensional.
Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS disekolah Dasar. Data
yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif (uji-t). Pada
taraf signifikansi 5% dan dk = n1+ n2– 2 = 40 + 39 – 2 = 77, ttabel
= 2,00. Berdasarkan
hasil analisis data, diperoleh t
hitung =4,74 maka t
hitung t
tabel, sehingga H0 ditolak dan
Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe CPS
(Creative Problem Solving) berabntuan bahan ajar yang diorkestrasi guru
berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV semester genap Sekolah
Dasar Gugus IV Kuta Badung Tahun Ajaran 2012/2013.
Kata Kunci: Creative Problem Solving, Hasil Belajar IPS
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)