PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD NO. 8 PADANGSAMBIAN DENPASAR

Authors

  • Ni L. Gd. Marheni, I Wyn. Sujana, D.B.Kt Ngr. Semara Putra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1438

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDNo 8 Padangsambian dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar IPS dan hasil belajar IPS setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams-Achievement Division (STAD) pada siswa kelas V di SD No 8 Padangsambian. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD No 8 Padangsambian Denpasar. Data penelitian tentang keaktifan belajar dikumpulkan melalui observasi dan hasil  belajar  dikumpulkan dengan tes. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada keaktifan belajar siswa menunjukkan persentase rata-rata pada siklus I sebesar 76% yang berada pada kriteria cukup aktif, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84% tergolong pada kategori aktif. Persentase hasil  belajar pada siklus I sebesar 69,25% berada pada kategori sedang, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 79,01% termasuk pada kategori tinggi.Simpulan dari penelitian ini, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatan keaktifan dan hasil  belajar IPS siswa kelas V SD No 8 Padangsambian. Terkait hasil penelitian, disarankan kepada guru kelas V SD No 8 Padangsambian untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam proses pembelajaran untuk meningkatan keaktifan dan hasil  belajar  IPS.

 

Kata-kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Keaktifan, dan Hasil Belajar.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

D.B.Kt Ngr. Semara Putra, N. L. G. M. I. W. S. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD NO. 8 PADANGSAMBIAN DENPASAR. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1438

Issue

Section

Articles