PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKSELERASI BERBANTUAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IVB SDN 1 PADANG SAMBIAN

Authors

  • Luh Md. Wirastini, I Wyn. Sujana, I.G.A. Oka Negara

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1439

Abstract

 

Abstrak

Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran Akselerasi (Accelerated Learning) berbantuan media grafis di kelas IVB SD Negeri 1 Padang Sambian. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Negeri 1 Padang Sambian tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 39 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik nontes (observasi) dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 7,2%. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 78,4% dan siklus II sebesar 85,6% setelah penerapan model pembelajaran Akselerasi (Accelerated Learning) berbantuan media grafis. Demikian juga adanya peningkatan terhadap rata-rata hasil belajar siswa sebesar 6,3%. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 79,4% dan pada siklus II sebesar 86,7%setelah penerapan model pembelajaran Akselerasi (Accelerated Learning)berbantuan media grafis.

Kata-kata kunci :Model Pembelajaran Akselerasi (Accelerated Learning); Media Grafis; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I.G.A. Oka Negara, L. M. W. I. W. S. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKSELERASI BERBANTUAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IVB SDN 1 PADANG SAMBIAN. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1439

Issue

Section

Articles