PENGARUH MODEL PEBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK BERBASIS ANEKA SUMBER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 5 DALUNG

Authors

  • I.G.A. Mas D. Anggarini, I Wyn. Sujana, I. B.Gd. Suryaabadi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1440

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian eksperimen ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif Talking Stick Berbasis Aneka Sumber (Resources Based Learning) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri 5 Dalung. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan eksperimen Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 5 Dalung yang terdiri dari 2 kelas  yaitu kelas VA dan VB. Untuk penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan pengundian yang hasilnya kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan kelas VB sebagai kelompok kontrol.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 30 soal.Nilai akhirdiperoleh berdasarkan penggabungan antara nilai kognitif dan nilai afektif siswa pada mata pelajaran IPS.Berdasarkan taraf signifikansi 5% dan dk = 69 diketahui bahwa ttabelyaitu 2,000 sedangkan thitungyang diperoleh berdasarkan hasil uji-t adalahsebesar5,75 , karena thiungt = 5,75  > ttabel= 2,000, maka h0 ditolak dan haditerima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model kooperatif Talking Stick berbasis aneka sumber dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran secara konvensional. Nilai rata-rata hasil belajar IPS yang dicapai oleh kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif Talking Stick Berbasis Aneka Sumber (68,71) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil belajar IPS yang dicapai kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (59,39). Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikanhasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Kooperatif Talking Stick berbasis Aneka Sumber (Resources Based Learning) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri 5 Dalung Tahun Ajaran 2012/2013

 

Kata-kata kunci: Talking Stick, Aneka Sumber dan Hasil belajar IPS.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I. B.Gd. Suryaabadi, I. M. D. A. I. W. S. (2013). PENGARUH MODEL PEBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK BERBASIS ANEKA SUMBER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 5 DALUNG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1440

Issue

Section

Articles