PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SDN GUGUS 2 KECAMATAN BANGLI KABUPATEN BANGLI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1442Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual berbasis karakter dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SDN Gugus 2 Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Jumlah populasi di SDN Gugus 2 Kecamatan Bangli adalah 206 siswa, sedangkan jumlah sampel adalah 69 siswa yang dipilih secara random. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan observasi. Didapat rata-rata hasil belajar PKn yaitu M1= 75,06 (kelas eksperimen) dan M2= 71,18 (kelas kontrol). Selanjutnya data yang didapatkan dianalisis dengan teknik analisis uji-t. Dari hasil analisis uji-t diperoleh thit = 5,315 sedangkan ttab= 2,000. Berarti hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti pembelajaraan kontekstual berbasis karakter dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.Selain itu dilihat dari rata-ratanya bahwa nilai hasil belajar PKn siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual berbasis karakter lebih baik dari pada hasil belajar PKn siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.Hal ini berarti terdapat pengaruh penerapan pembelajaran kontekstual berbasis karakter terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Gugus 2 Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli.
Kata kunci : Pembelajaran Kontekstual Berbasis Karakter, Hasil Belajar PKnDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)