PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SDN GUGUS 2 KECAMATAN BANGLI KABUPATEN BANGLI

Authors

  • Ni W. Snopiani, I Wyn. Sujana, I Wyn.Rinda Suardika.

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1442

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual berbasis karakter dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SDN Gugus 2 Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah  Nonequivalent Control Group Design. Jumlah populasi di SDN Gugus 2 Kecamatan Bangli adalah 206 siswa, sedangkan jumlah sampel adalah 69 siswa yang dipilih secara random. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan observasi. Didapat rata-rata hasil belajar PKn yaitu M1= 75,06 (kelas eksperimen) dan  M2= 71,18 (kelas kontrol). Selanjutnya data yang didapatkan dianalisis dengan teknik analisis uji-t. Dari hasil analisis uji-t diperoleh thit = 5,315 sedangkan ttab= 2,000. Berarti hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti pembelajaraan kontekstual berbasis karakter dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.Selain itu dilihat dari rata-ratanya bahwa nilai hasil belajar PKn siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual berbasis karakter lebih baik dari pada hasil belajar PKn siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.Hal ini berarti terdapat pengaruh penerapan pembelajaran kontekstual berbasis karakter terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Gugus 2 Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli.

Kata kunci : Pembelajaran Kontekstual Berbasis Karakter, Hasil Belajar PKn

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Wyn.Rinda Suardika., N. W. S. I. W. S. (2013). PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SDN GUGUS 2 KECAMATAN BANGLI KABUPATEN BANGLI. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1442

Issue

Section

Articles