PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PENILAIAN KINERJA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IVGUGUS IX ABIANSEMAL KECAMATAN ABIANSEMAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.14427Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri berbasis penilaian kinerja dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus IX Abiansemal Kecamatan Abiansemal Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Gugus IX Abiansemal Kecamatan Abiansemal yang berjumlah 229 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas IV SD No. 3 Darmasaba berjumlah 41 siswa sebagai kelompok yang dibelajarkan dengan model inkuiri berbasis penilaian kinerja dan siswa kelas IV SD No. 1 Darmasaba berjumlah 33 siswa sebagai kelompok dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dengan jenis objektif bentuk pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung = 7,381 > ttabel = 2,000 untuk signifikansi 5% dan dk = 72. Berdasarkan kriteria pengujian, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Adapun nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA pada kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri berbasis penilaian kinerja 83,70, sedangkan pada kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional 70,93. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis penilaian kinerja terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas IV SD Gugus IX Abiansemal Kecamatan Abiansemal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)