PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESIK BERBANTUAN LKS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DI GUGUS V KECAMATAN GIANYAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1446Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemecahan masalah Matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model RESIK berbantuan LKS dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian kuasi eksperimen non equValent post–test only control group design. Populasi penelitian ini adalah 121 orang siswa kelas V SD tahun pelajaran 2012/2013 di Gugus V Kecamatan Gianyar. Sampel penelitian yaitu kelas V SD No. 1 Sidan yang berjumlah 25 orang dan kelas V SD No. 4 Sidan yang berjumlah 17 orang. Data pemecahan masalah Matematika siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk test esay. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji–t). Rata–rata pemecahan masalah matematika yang dibelajarkan dengan model RESIK adalah 124,4 sedangkan rata–rata pemecahan masalah matematika yang dibelajarkan dengan model konvensional adalah 64,53 sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemecahan masalah matematika yang signifikan antara yang dibelajarkan dengan model pembelajaran RESIK dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional.
Kata kunci : pemecahan masalah matematika , RESIK
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)