PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESIK BERBANTUAN LKS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DI GUGUS V KECAMATAN GIANYAR

Authors

  • I Wyn. Tresna Mahardhika, I Md. Suarjana I Gst. Ngh. Japa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1446

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemecahan masalah Matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model RESIK berbantuan LKS dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian kuasi eksperimen non equValent post–test only control group design. Populasi penelitian ini adalah 121 orang siswa kelas V SD tahun pelajaran 2012/2013 di Gugus V Kecamatan Gianyar. Sampel penelitian yaitu kelas V SD No. 1 Sidan yang berjumlah 25 orang dan kelas V SD No. 4  Sidan yang berjumlah 17 orang. Data pemecahan masalah Matematika siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk test esay. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji–t). Rata–rata pemecahan masalah matematika yang dibelajarkan dengan model RESIK adalah 124,4 sedangkan rata–rata pemecahan masalah matematika yang dibelajarkan dengan model konvensional adalah 64,53 sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemecahan masalah matematika yang signifikan antara yang dibelajarkan dengan model pembelajaran RESIK dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional.

 

Kata kunci : pemecahan masalah matematika , RESIK

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Gst. Ngh. Japa, I. W. T. M. I. M. S. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESIK BERBANTUAN LKS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DI GUGUS V KECAMATAN GIANYAR. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1446

Issue

Section

Articles