IMPLEMENTASI STRATEGI TPS DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1447Abstract
Abstrak
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar IPA pada saat implementasi stratagi Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran dengan menggunakan peta konsep pada siswa kelas V SD Negeri 4 Tajun Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Tahun Pelajaran 2012/2013. (2) untuk meningkatkan hasil belajar IPA setelah implementasi strategi Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran dengan menggunakan peta konsep pada siswa kelas V SD Negeri 4 Tajun Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Tajun terdiri dari 41 orang. Data yang diambil dalam penelitian ini, mencakup data tentang aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Data hasil belajar IPA di kumpulkan melalui tes berbentuk esay . Data-data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPA penggunaan strategi think pair share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama 5,17 meningkat pada pertemuan kedua 7,78.Siklus II pertemuan pertama 8,02 meningkat pada pertemuan kedua 10,29. Rata-rata skor hasil belajar siswa pada siklus I 61,9 meningkat pada pertemuan kedua 71,8 yaitu dari persentase skor hasil belajar 60% dengan kreteria rendah pada refleksi awal menjadi 70,4% dengan kreteria sedang pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 82,6% dengan kreteria tinggi pada siklus II.
Kata kunci : Strategi (TPS), aktivitas dan hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)